Kamis, 27 Juni 2013

RPP MIKROTEACHING

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Makalah ini di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah
MICRO TEACHING”






Disusun Oleh :
RISMA WIDYANINGSIH (210610010)

Dosen Pengampu :
KURNIA HIDAYATI, M.Pd

JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
JUNI 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/semester
Pertemuan ke
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar



Indikator       
: MI Darussalam
: Ilmu Pengetahuan Alam
: II/2
: 1 (Pertama)
 : 45 menit
 : 1. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
 : 1.1. Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
 : 1.1.1. Dapat menerangkan sumber-sumber energi
1.1.2. Dapat menyebutkan alat-alat yang menghasilkan energi
1.1.3. Dapat menggunakan energi listrik
1.1.4. Dapat membiasakan menghemat energi listrik

     I.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
- Menerangkan sumber-sumber energi dengan detail
- Menyebutkan alat-alat yang menghaslkan energi dengan benar
- Menggunakan energi listrik dengan tepat dan benar
- Membiasakan menghemat energi listrik dengan benar


 II.     MATERI
1.    Sumber-sumber energi
2.    Alat-alat yang menghasilkan energi
3.    Penggunaan dan penghematan energi listrik

   III.      METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN
1. Reading aload with cooperative learning NHT(Number Head Together)
2. Card Sort with Listening Teams

   IV.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1.      Kegiatan Awal (Apersepsi)
Waktu
Kegiatan
Strategi/metode
Sumber/Bahan
1’
1’
2’








2’
- Salam dan doa
- Pengabsenan
- Apersepsi
-G:tahukah kalian mengenai energi panas?sebutkan!
-M:tahu, segala sesuatu yang menghasilkan panas
-G:beri contohnya!
-M:setrika
- Guru menyampaikan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Tujuan pembelajaran
-tanya jawab
-ceramah
Buku paket IPA kelas II semester 2



2.      Kegiatan Inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi)
Waktu
Kegiatan
Strategi/Metode
Sumber/Bahan
1’


1’

1’

8’




2’



2’

2’




2’
1’




1’



1’







1’






1’





1’



1’




1’



1’


2’
- Guru menentukan teks tentang sumber-sumber energi
-Guru membagikan number head kepada siswa
- Siswa memakai number head di kepala
- Guru menunjuk siswa secara bergantian untuk membaca teks dengan keras sesuai dengan number head yang ditunjuk oleh guru
- Guru meminta untuk menghentikan bacaan pada poin-poin penting lalu menjelaskannya
- Guru bertanya kepada siswa seputar sumber energi
- Guru membagi siswa ke dalam 3 kelompok yang terdiri dari 4 siswa sesuai dengan warna number head yang dipakai siswa
-Guru mengkondisikan kelas
-Guru meminta siswa untuk baris berbanjar sesuai dengan kelompoknya urut dari number head kecil sampai number head besar
- Guru menempel kertas yang berisi pernyataan umum tertutup tentang sumber-sumber energi di papan tulis
- Guru menyiapkan pernyataan-pernyataan lainya yang bersifat khusus di dalam kotak, masing-masing kelompok mempunyai kotak yang berbeda sesuai dengan warna number head
- Siswa yang pertama maju diminta untuk mengambil salah satu pernyataan tertutup yang sudah ditempelkan di papan tulis,kemudian ditempel di papan tulis
- Siswa yang kedua dimnta mencari dalam kotak pengertian dari pernyataan yang sudah diambil siswa pertama, kemudian ditempel di papan tulis
- Siswa ketiga diminta untuk mencari dalam kotak contoh dari pernyataan, kemudian ditempel di papan tulis
- Siswa yang terakhir diminta untuk mencari dalam kotak kegunaan dari pernyataan, kemudian ditempel di papan tulis
- Guru memutuskan kelompok yang lebih dulu selesai adalah kelompok yang menang
- Guru memberikan hadiah kepada kelompok yang menang
- Guru memberikan konfirmasi dan penguatan
- Reading Aload With Cooperative Learning NHT (Number Head Together)
- Card Sort with Listening Teams
- Buku paket IPA kelas II semester 2
- Number Head
- Kotak
- kartu

3.      Kegiatan Penutup
Waktu
Kegiatan
Strategi/metode
Sumber/Bahan
1’






5’

2’


1’

- Guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran dengan memberikan teks lembar soal pertanyaan kepada siswa secara global mengenai sumber-sumber energi
- Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal
- pengkoreksian bersama siswa sekaligus memberi nilai siswa
- Doa dan Salam
- Ceramah
- Tanya jawab
- Tes, Uraian Obyektif
- Tes,Benar Salah
- Tes, Lisan
Buku paket IPA kelas II semester 2


  V.          SUMBER/BAHAN
1. Buku paket Ilmu Pengetahuan Alam  kelas 2 semester 2
2. Number Head
3. Kotak
4. Kartu
   VI.      PENILAIAN
1. Tes, Uraian Obyektif
2. Tes, Benar-Salah
3. Tes, Lisan

LAMPIRAN
o  Lembar analisis KKM setiap indikator
o  Lembar Instrumen Penilaian
o  Kunci Jawaban
o  Lembar Hand Out Materi





Mengetahui
Dosen Pengampu

Kurnia Hidayati,M.Pd

Ponorogo,

Guru Mata Pelajaran

Risma Widyaningsih


Kepala Sekolah




BAB I
ENERGI DAN KEGUNAANNYA

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator
:

:

:
1. Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
1.1. Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar
1.1.1. Dapat menerangkan sumber-sumber energi
1.1.2. Dapat menyebutkan alat-alat yang menghasilkan energi
1.1.3. Dapat menggunakan energi listrik
1.1.4. Dapat membiasakan menghemat energi listrik


A. PENGERTIAN ENERGI
Segala sesuatu yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan energi. Untuk bertahan hidup kita membutuhkan energi yang diperoleh dari makanan. Setiap kendaraan membutuhkan energi untuk bergerak dan energi itu diperoleh dari bahan bakar. Hewan juga membutuhkan energi untuk hidup. Sebagaimana manusia dan tumbuhan.

B. SUMBER-SUMBER ENERGI
1. Matahari
Matahari adalah sumber energi utama di bumi. Matahari menghasilkan energi cahaya dan panas. Cahaya matahari membuat bumi terang pada siang hari, membantu tumbuhan memasak makanan, membuat baju basah menjadi kering, dimanfaatkan petani untuk menjemur padi, dan dimanfaatkan nelayan untuk menjemur ikan.


2. Api
Api menghasilkan panas dan cahaya. Api membuat masakan menjadi matang. Saat listrik padam kita menggunakan api untuk penerangan. Api bermanfaat bagi kehidupan. Kita tidak boleh bermain api karena api dapat menyebabkab kebakaran.

3. Listrik.                                                                                  
Energi listrik paling banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Energi listrik berasal dari pembangkit listrik. Energi listrik digunakan untuk menyalakan alat-alat listrik. Alat-alat listrik bermacam-macam. Ada setrika listrik, televisi, lampu, kipas angin, penanak nasi, komputer dan lain-lain.

4. Baterai                                                                               
Baterai merupakan sumber energi. Baterai digunakan pada peralatan sehari-hari. Seperti senter, radio, jam dinding, jam tangan, dan juga kamera. Energi dalam baterai dapat habis jika digunakan secara terus menerus.

5. Minyak Tanah
Minyak tanah digunakan untuk bahan bakar kompor dan lampu minyak. Minyak tanah tidak dapat dibuat oleh manusia. Minyak tanah diambil dari dalam bumi.

6. Bensin dan Solar
Bensin digunakan untuk bahan bakar mobil dan sepeda motor. Solar digunakan untuk bahan bakar bus, truk, dan mesin diesel. Bensin dan solar dijual di pom bensin. Bensin dan solar diambil dari dalam bumi. Bensin dan solar tidal dapat dibuat oleh manusia.



C. BENTUK-BENTUK ENERGI
1. Energi Panas
Setrika yang panas dapat melicinkan pakaian, dan solder yang panas dapat mencairkan timbal. Sebuah benda pada suhu tertentu memiliki energi. Energi yang dimiliki oleh benda karena suhunya disebut energi panas atau energi kalor.

2. Energi Cahaya          
Cahaya matahari membantu proses fotosintesisi pada daun, membantu mengeringkan pakaian yang basah, dan membantu menaikan suhu pada yang dikenainya. Jadi cahaya memiliki energi. Energi yang dimiliki oleh cahaya disebut energi cahaya.

3. Energi Bunyi
Bunyi guntur yang keras sekali bisa menggetarkan atau memecahkan kaca-kaca jendela. Ini menunjukan bahwa bunyi mempunyai energi. Energi yang dimiliki oleh bunyi disebut energi bunyi. Bunyi dihasilkan oleh sumber bunyi yang bergetar. Oleh karena itu energi bunyi disebut energi getaran.

D. ALAT-ALAT YANG MENGHASILKAN ENERGI.
1. Alat yang Menghasilkan Energi Panas
Banyak alat yang menghasilkan energi panas. Misalnya kompor penanak nasi, dan setrika. Kompor menghasilkan panas untuk memasak. Setrika digunakan untuk melicinkan pakaian.

2. Alat Penghasil Energi Cahaya
Bagaimana rasanya jika pada malam hari suasana di rumahmu sangat gelap? Energi cahaya dapat membuat suasana menjadi terang. Belajar menjadi nyaman karena ada cahaya. Lampu adalah alat yang menghasilkan cahaya. Selain lampu ada juga lilin, senter, televisi dan komputer. Lampu minyak dapat juga menghasilkan cahaya. Lampu minyak digunakan di desa terpencil yang belum ada listrik. Matahari adalah sumber energi cahaya terbesar di bumi.

3. Alat Penghasil Energi Bunyi
Setiap hari di sekolah tentu kamu mendengar bel tanda masuk, istirahat dan pulang sekolah. Lonceng adalah alat yang dapat menghasilkan bunyi. Selain lonceng contoh alat yang menghasilkan bunyi adalah piano, gitar dan peluit. Jika kamu mendangar bunyi yang sangat kuat tutup telingamu agar tidak merasa sakit.

E. PENGGUNAAN DAN PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK
1. Penggunaan Energi Listrik
Energi listrik merupakan energi yang paling banyak digunakan. Penggunaan listrik membuat kegiatan yang kita lakukan menjadi lebih mudah. Penanak nasi listrik digunakan untuk menanak dan menghangatkan nasi. Setrika listrik digunakan untuk merapikan baju. Mesin cuci digunakan untuk mencuci pakaian. Kipas angin digunakan untuk mendinginkan udara. Televisi digunakan untuk hiburan. Radio digunakan untuk mendengar lagu dan berita.

2. Penghematan Listrik
Apakah kamu sudah menghemat listrik dirumahmu? Penggunaan listrik harus dihemat. Hal ini karena sumber tenaga untuk pembangkit listrik sudah mulai berkurang. Mematikan lampu pada siang hari adalah contoh penghematan listrik. Contoh lain adalah mematikan televisi jika sudah tidak dilihat. Mematikan lampu kamar jika sudah tidak digunakan. Mencuci pakaian dengan tangan jika cucian sedikit.



Instrumen Penilaian

Jawablah Pertanyaan di bawah ini dengan Benar!
1. Apa sumber energi utama di bumi?
2. Energi apakah yang dihasilkan oleh api?
3. Berasal dari manakah energi Listrik itu?
4. Baterai digunakan pada alat apa saja?
5. Apa bahan bakar mobil dan sepeda motor?

Berilah Huruf (B) pada Pernyataan yang Benar dan Huruf (S) pada Pernyataan yang Salah!
6. Kompor menghasilkan panas untuk memasak.
7. Senter menghasilkan bunyi.
8. Lonceng menghasilkan bunyi.
9. Piano menghasilkan cahaya.
10. lampu menghasilkan cahaya.

Jawablah Pertanyaan di bawah ini Secara Lisan dengan Baik dan Benar!
11. Apa alat yang digunakan untuk merapikan baju?
12. Penanak nasi digunakan untuk apa?
13. Kenapa kita harus menghemat listrik?
14. Sebutkan satu cara menghemat listrik!
15. Apa manfaat menghemat listrik menurut pendapatmu?








Kunci Jawaban

Jawaban :
NO
JAWABAN
SKOR
1.
Sumber energi utama di bumi adalah matahari
5
2.
Energi yang dihasilkan oleh api adalah energi panas
5
3.
Energi listrik berasal dari pembangkit listrik
5
4.
Baterai digunakan pada alat senter, radio dan jam dinding
5
5.
Bahan bakar mobil dan sepeda motor adalah bensin
5
6.
Benar, Kompor menghasilkan panas untuk memasak
5
7.
Salah, Senter menghasilkan cahaya
5
8.
Benar, Lonceng menghasilkan bunyi
5
9.
Salah, Piano menghasilkan bunyi
5
10.
Benar, Lampu menghasilkan cahaya
5
11.
Alat yang digunakan untuk merapikan baju adalah setrika
5
12.
Penanak nasi digunakan untuk menanak dan menghangatkan nasi
5
13.
Kita harus menghemat listrik karena sumber tenaga untuk pembangkit listrik sudah mulai berkurang
10
14.
Cara menghemat listrik adalah dengan :
  Mematikan lampu pada siang hari
Atau dengan alternatif jawaban lain yaitu :
-Mematikan televisi jika sudah tidak dilihat
-Mematikan lampu kamar jika sudah tidak digunakan
-Mencuci pakaian dengan tangan jika cucian sedikit.
15
15.
Untuk kesejahteraan hidup kita di masa yang akan datang
Jawaban relatif, guru yang menilai
15
JUMLAH NILAI BENAR SEMUA
100