PERANGKAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
SEKOLAH DASAR
þ Pemetaan Standar Isi
þ Identifikasi SK dan KD
þ Rancangan Penilaian Kognitif
þ Kriteria Ketuntasan Minimal
þ Program Tahunan
þ Program Semester
þ Rincian Minggu Efektif
þ Silabus
þ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran | : | Seni Budaya dan Keterampilan |
Kelas | : | III |
Semester | : | 2 |
Tahun Ajaran | : | 2011-2012 |
Nama | : | |
NIP | : | - |
Unit Kerja | : | MI Darussalam Lembeyan Kulon |
PEMETAAN STANDAR ISI
Satuan Pendidikan : Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : III/2
Tahun Ajaran : 2011/2012
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | RUANG LINGKUP | ALOKASI WAKTU | |||
1 | 2 | 3 | 4 | |||||
· Mengapresiasi karya seni rupa | - Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | - Memahami simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Memahami sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | - Seni rupa | √ | | | | 8 x 35’ |
· Mengekspresi-kan diri melalui karya seni rupa | - Mengekspresi-kan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi | - Memahami gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memahami hiasan/warna pada benda tiga dimensi | | | | | | |
· Mengapresiasi karya seni musik | - Menjelaskan simbol tempo dalam lagu - Menjelaskan makna ansambel - Menghubung-kan antara simbol nada dengan elemen musik - Menghubung-kan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | - Memahami simbol tempo dalam lagu - Memahami makna ansambel - Memahami hubungan antara simbol nada dengan elemen musik - Memahami hubungan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | - Seni musik | | √ | | | 8 x 35’ |
· Mengekspresi-kan diri melalui karya seni musik | - Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | - Memahami musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Memahami lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | | | | | | |
· Mengapresiasi karya seni tari | - Menghubung-kan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | - Memahami hubungan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Memahami sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Memahami sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | - Seni tari | | | √ | | 8 x 35’ |
· Mengekspresi-kan diri melalui karya seni tari | - Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan - Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | - Memahami penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Memahami sajian tarian pendek bertema dengan iringan - Memahami dan melaksanakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | | | | | | |
· Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | - Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | - Memahami sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Membuat rancangan benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | - Keterampilan | | | | √ | 8 x 35’ |
Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
AMIN MANSUR, A. Ma NIP. 196806101992031005 | IMROATU SA’ADAH S. Pd. |
IDENTIFIKASI SK, KD
UNTUK MENETAPKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN (TM, PT, KMTT)
Satuan Pendidikan : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : III/2
Tahun Ajaran : 2011/2012
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | INDIKATOR | JENIS KEGIATAN PEMBELAJARAN | ||
TM | PT | KMTT | ||||
· Mengapresiasi karya seni rupa | - Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | - Simbol karya tiga dimensi | - Memahami simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Memahami sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | | | |
· Mengekspresi-kan diri melalui karya seni rupa | - Mengekspresi-kan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi | - Gambar imajinasi alam sekitar | - Memahami gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memahami hiasan/warna pada benda tiga dimensi | | | |
· Mengapresiasi karya seni musik | - Menjelaskan simbol tempo dalam lagu - Menjelaskan makna ansambel - Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik - Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | - Simbol tempo dan dinamik - Pola irama | - Memahami simbol tempo dalam lagu - Memahami makna ansambel - Memahami hubungan antara simbol nada dengan elemen musik - Memahami hubungan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | | | |
· Mengekspresi-kan diri melalui karya seni musik | - Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | - Alat musik ritmis - Ansambel musik ritmis | - Memahami musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Memahami lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | | | |
· Mengapresiasi karya seni tari | - Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | - Gerak simbolis - Unsur tari | - Memahami hubungan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Memahami sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Memahami sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | | | |
· Mengekspresi-kan diri melalui karya seni tari | - Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan - Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | - Tari sederhana | - Memahami penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Memahami sajian tarian pendek bertema dengan iringan - Memahami dan melaksanakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | | | |
· Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | - Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | - Burung camar - Parasut | - Memahami sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Membuat rancangan benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | | | |
Keterangan:
TM : Tatap Muka
PT : Penugasan Terstruktur
KMTT : Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur
Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
AMIN MANSUR, A. Ma NIP. 196806101992031005 | IMROATU SA’ADAH S. Pd. I |
RANCANGAN PENILAIAN KOGNITIF
PEMETAAN PENILAIAN BERDASARKAN SK/KD/INDIKATOR
Satuan Pendidikan : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : III/2
Tahun Ajaran : 2011/2012
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | UH | UTS | LUS |
· Mengapresiasi karya seni rupa | - Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | - Memahami simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Memahami sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | | | |
· Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa | - Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi | - Memahami gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memahami hiasan/warna pada benda tiga dimensi | | | |
· Mengapresiasi karya seni musik | - Menjelaskan simbol tempo dalam lagu - Menjelaskan makna ansambel - Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik - Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | - Memahami simbol tempo dalam lagu - Memahami makna ansambel - Memahami hubungan antara simbol nada dengan elemen musik - Memahami hubungan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | | | |
· Mengekspresikan diri melalui karya seni musik | - Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | - Memahami musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Memahami lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | | | |
· Mengapresiasi karya seni tari | - Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | - Memahami hubungan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Memahami sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Memahami sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | | | |
· Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | - Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan - Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | - Memahami penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Memahami sajian tarian pendek bertema dengan iringan - Memahami dan melaksanakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | | | |
· Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana | - Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | - Memahami sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Membuat rancangan benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | | | |
Keterangan:
UH : Ulangan Harian
UTS : Ulangan Tengah Semester
LUS : Latihan Ulangan Semester
Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
AMIN MANSUR, A. Ma NIP. 196806101992031005 | IMROATU SA’ADAH S. Pd. |
PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
PER KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Satuan Pendidikan : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : III/2
Tahun Ajaran : 2011/2012
Standar Kompetensi:
· Mengapresiasi karya seni rupa
· Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
· Mengapresiasi karya seni musik
· Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
· Mengapresiasi karya seni tari
· Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
· Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana
No. | Kompetensi Dasar dan Indikator | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Nilai KKM (%) | ||
1. 2. 3. 4. | Seni rupa Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Memahami simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Memahami sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memahami gambar imajinatif mengenai alam sekitar Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi - Memahami hiasan/warna pada benda tiga dimensi Seni musik Menjelaskan simbol tempo dalam lagu - Memahami simbol tempo dalam lagu Menjelaskan makna ansambel - Memahami makna ansambel Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik - Memahami hubungan antara simbol nada dengan elemen musik Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu - Memahami hubungan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Memahami musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana - Memahami lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana Seni tari Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Memahami hubungan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Memahami sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat - Memahami sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Memahami penyajian tarian pendek bertema dengan iringan Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan - Memahami sajian tarian pendek bertema dengan iringan Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik - Memahami dan melaksanakan pementasan perpaduan seni tari dan musik Keterampilan Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Memahami sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat rancangan benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | | | | |
Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya
Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
AMIN MANSUR, A. Ma NIP. 196806101992031005 | IMROATU SA’ADAH S. Pd. |
PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
PER STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : III/2
Tahun Ajaran : 2010 - 2011
No. | Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | |||||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Nilai KKM (%) | ||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | Mengapresiasi karya seni rupa - Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa - Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi Mengapresiasi karya seni musik - Menjelaskan simbol tempo dalam lagu - Menjelaskan makna ansambel - Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik - Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu Mengekspresikan diri melalui karya seni musik - Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana Mengapresiasi karya seni tari - Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat Mengekspresikan diri melalui karya seni tari - Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan - Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana - Menampilkan sikap apresiatif terhadap beda yang digerakkan oleh angin - Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | | | | |
Catatan: Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya
Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
AMIN MANSUR, A. Ma NIP. 196806101992031005 | IMROATU SA’ADAH S. Pd. |
.
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : III/2
Tahun Ajaran : 2011/2012
Semester | No. | Materi Pokok/Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Keterangan |
1 | 1. 2. 3. 4. | Seni rupa - Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi - Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri - Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat Seni musik - Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana - Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik - Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu - Memainkan alat musik ritmis sederhana - Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana Seni tari - Menjelaskan simbol dalam seni tari - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan - Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema tanpa iringan - Menyajikan tarian pendek bertema tanpa iringan Keterampilan - Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas | 12 JP 8 JP 8 JP 8 JP | |
| | Jumlah | 36 JP | |
2 | 5. 6. 7. 8. | Seni rupa - Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi Seni musik - Menjelaskan simbol tempo dalam lagu - Menjelaskan makna ansambel - Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik - Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu - Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana Seni tari - Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat - Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan - Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik Keterampilan - Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | 8 JP 8 JP 8 JP 8 JP | |
| | Jumlah | 32 JP | |
Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
AMIN MANSUR, A. Ma NIP. 196806101992031005 | IMROATU SA’ADAH S. Pd. |
PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : III/2
Tahun Ajaran : 2010 - 2011
No. | Materi Pokok/ Kompetensi Dasar | Jml | Bulan | Ket | |||||||||||||||||||||||||||||
Januari | Februari | Maret | April | Mei | Juni | Juli | |||||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||
1. | Seni rupa | 8 | | | x | x | x | x | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| - Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | Persiapan Penerimaan rapor | | | | | | | |
2. | Seni musik | 8 | | | | | | | x | x | x | x | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| - Menjelaskan simbol tempo dalam lagu - Menjelaskan makna ansambel - Menghubung-kan antara simbol nada dengan elemen musik - Menghubung-kan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu - Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3. | Seni tari | 8 | | | | | | | | | | | x | x | x | x | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| - Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat - Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan - Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4. | Keterampilan | 8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| Menampilkan sikap apresi-atif terhadap beda yang digerakkan oleh angin - Merancang benda yang dapat dige-rakkan oleh angin dari bahan selain kertas | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| Jumlah | 32 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Keterangan:
: Kegiatan tengah semester
: Ujian nasional
: Ujian sekolah
: Latihan ulangan semester 2
: Ulangan semester 2
: Libur semester 2
Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
AMIN MANSUR, A. Ma NIP. 196806101992031005 | IMROATU SA’ADAH S. Pd. |
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Satuan Pendidikan : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : III/2
Tahun Ajaran : 2011/2012
I. Jumlah minggu dalam semester 2
No. | Bulan | Jumlah Minggu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | Januari Februari Maret April Mei Juni Juli | 2 4 5 4 4 5 1 |
| Jumlah Total | 25 |
II. Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 2
No. | Kegiatan | Jumlah Minggu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | Kegiatan tengah semester Ujian nasional Ujian sekolah Latihan ulangan semester 2 Ulangan semester 2 Persiapan penerimaan rapor Libur semester 2 | 1 1 1 1 1 1 3 |
| Jumlah Total | 9 |
III. Jumlah minggu efektif dalam semester 2
Jumlah minggu dalam semester 2 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 2
= 25 minggu – 9 minggu
= 16 minggu efektif
Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
AMIN MANSUR, A. Ma NIP. 196806101992031005 | IMROATU SA’ADAH S. Pd. I |
.
S I L A B U S
Satuan Pendidikan : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : III/2
Tahun Ajaran : 2011/2012
Standar Kompetensi:
· Mengapresiasi karya seni rupa
· Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
- Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | - Seni rupa | - Simbol karya seni tiga dimensi | - Memahami simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi - Memahami sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi | Jenis: - Kuis - Tugas Individu - Tugas Kelompok - Ulangan Bentuk Instrumen: - Tes Tertulis PG - Tes Tertulis Uraian | 8 x 35’ | Sumber: - Buku Paket - Buku referen-si lain - LKS Sekar |
- Mengekspresi-kan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi | | - Gambar imajinasi alam sekitar | - Memahami gambar imajinatif mengenai alam sekitar - Memahami hiasan/warna pada benda tiga dimensi | | | |
Standar Kompetensi:
· Mengapresiasi karya seni musik
· Mengekspresikan diri melalui karya seni music
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
- Menjelaskan simbol tempo dalam lagu - Menjelaskan makna ansambel - Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik - Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | - Seni musik | - Simbol tempo dan dinamik - Pola irama | - Memahami simbol tempo dalam lagu - Memahami makna ansambel - Memahami hubungan antara simbol nada dengan elemen musik - Memahami hubungan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu | Jenis: - Kuis - Tugas Individu - Tugas Kelompok - Ulangan Bentuk Instrumen: - Tes Tertulis PG - Tes Tertulis Uraian | 8 x 35’ | Sumber: - Buku Paket - Buku referen-si lain - LKS Sekar |
- Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana - Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | | - Ansambel musik ritmis | - Memahami musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana Memahami lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana | | | |
Standar Kompetensi:
· Mengapresiasi karya seni tari
· Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
- Menghubung-kan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | - Seni tari | - Gerak simbolis - Unsur tari | - Memahami hubungan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari - Memahami sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan - Memahami sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat | Jenis: - Kuis - Tugas Individu - Tugas Kelompok - Ulangan Bentuk Instrumen: - Tes Tertulis PG - Tes Tertulis Uraian | 8 x 35’ | Sumber: - Buku Paket - Buku referen-si lain - LKS Sekar |
- Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan - Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | | - Tari sederhana | - Memahami penyajian tarian pendek bertema dengan iringan - Memahami sajian tarian pendek bertema dengan iringan Memahami dan melaksanakan pementasan perpaduan seni tari dan musik | | | |
Standar Kompetensi:
· Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
- Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | - Keterampilan | - Burung camar - Parasut | - Memahami sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin - Membuat rancangan benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas - Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas | Jenis: - Kuis - Tugas Individu - Tugas Kelompok - Ulangan Bentuk Instrumen: - Tes Tertulis PG - Tes Tertulis Uraian | 8 x 35’ | Sumber: - Buku Paket - Buku referen-si lain - LKS Sekar |