Minggu, 25 Maret 2012

SBK SD




PERANGKAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

SEKOLAH DASAR



þ  Pemetaan Standar Isi
þ  Identifikasi SK dan KD
þ  Rancangan Penilaian Kognitif
þ  Kriteria Ketuntasan Minimal
þ  Program Tahunan
þ  Program Semester
þ  Rincian Minggu Efektif
þ  Silabus
þ  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran





Mata Pelajaran
:
Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas
:
III
Semester
:
2
Tahun Ajaran
:
2011-2012




Nama
:
 Imroatu Sa’adah, S. Pd. I
NIP
:
 -
Unit Kerja
:
 MI Darussalam Lembeyan Kulon




PEMETAAN STANDAR ISI


Satuan Pendidikan                           : Darussalam Lembeyan Kulon                                               
Mata Pelajaran                                   : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester                                 : III/2                                                     
Tahun Ajaran                                     : 2011/2012


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
RUANG LINGKUP
ALOKASI WAKTU
1
2
3
4
·      Mengapresiasi karya seni rupa
-    Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Memahami simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Memahami sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Seni rupa



8 x 35’
·      Mengekspresi-kan diri melalui karya seni rupa

-    Mengekspresi-kan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
-    Memahami gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memahami hiasan/warna pada benda tiga dimensi







·      Mengapresiasi karya seni musik
-    Menjelaskan simbol tempo dalam lagu
-    Menjelaskan makna ansambel
-    Menghubung-kan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Menghubung-kan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
-    Memahami simbol tempo dalam lagu
-    Memahami makna ansambel
-    Memahami hubungan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Memahami hubungan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
-    Seni musik



8 x 35’
·      Mengekspresi-kan diri melalui karya seni musik

-    Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
-    Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
-    Memahami musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
-    Memahami lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana






·      Mengapresiasi karya seni tari
-    Menghubung-kan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
-    Memahami hubungan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Memahami sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Memahami sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
-    Seni tari



8 x 35’
·      Mengekspresi-kan diri melalui karya seni tari

-    Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan
-    Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
-    Memahami penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Memahami sajian  tarian pendek bertema dengan iringan
-    Memahami dan melaksanakan pementasan perpaduan seni tari dan musik






·      Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana
-    Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Memahami sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Membuat rancangan benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Keterampilan



8 x 35’
                                                                                            
                                                                                                 


                                                                            Lembeyan,

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran




               AMIN MANSUR, A. Ma
               NIP. 196806101992031005
              IMROATU SA’ADAH S. Pd.



IDENTIFIKASI SK, KD
UNTUK MENETAPKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN (TM, PT, KMTT)

Satuan Pendidikan                         : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran                                 : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester                               : III/2                                                     
Tahun Ajaran                                   : 2011/2012



STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI
DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
INDIKATOR
JENIS KEGIATAN PEMBELAJARAN
TM
PT
KMTT
·      Mengapresiasi karya seni rupa
-    Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Simbol karya tiga dimensi

-    Memahami simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Memahami sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi



·      Mengekspresi-kan diri melalui karya seni rupa

-    Mengekspresi-kan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
-    Gambar imajinasi alam sekitar
-    Memahami gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memahami hiasan/warna pada benda tiga dimensi




·      Mengapresiasi karya seni musik
-    Menjelaskan simbol tempo dalam lagu
-    Menjelaskan makna ansambel
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
-    Simbol tempo dan dinamik
-    Pola irama
-    Memahami simbol tempo dalam lagu
-    Memahami makna ansambel
-    Memahami hubungan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Memahami hubungan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu



·      Mengekspresi-kan diri melalui karya seni musik

-    Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
-    Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
-    Alat musik ritmis
-    Ansambel musik ritmis

-    Memahami musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
-    Memahami lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana



·      Mengapresiasi karya seni tari
-    Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
-    Gerak simbolis
-    Unsur tari

-    Memahami hubungan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Memahami sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Memahami sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat



·      Mengekspresi-kan diri melalui karya seni tari

-    Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan
-    Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
-    Tari sederhana
-    Memahami penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Memahami sajian  tarian pendek bertema dengan iringan
-    Memahami dan melaksanakan pementasan perpaduan seni tari dan musik



·      Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana
-    Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Burung camar
-    Parasut
-    Memahami sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Membuat rancangan benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas




Keterangan:
TM       :   Tatap Muka
PT       :   Penugasan Terstruktur
KMTT  :   Kegiatan Mandiri  Tidak Terstruktur
                                                                                            
                                                                                             Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran




               AMIN MANSUR, A. Ma
               NIP. 196806101992031005
              IMROATU SA’ADAH S. Pd. I



RANCANGAN PENILAIAN KOGNITIF

PEMETAAN PENILAIAN BERDASARKAN SK/KD/INDIKATOR


Satuan Pendidikan                           : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran                                   : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester                                 : III/2                                                     
Tahun Ajaran                                     : 2011/2012


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
UH
UTS
LUS
·      Mengapresiasi karya seni rupa
-    Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Memahami simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Memahami sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi



·      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

-    Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
-    Memahami gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memahami hiasan/warna pada benda tiga dimensi




·      Mengapresiasi karya seni musik
-    Menjelaskan simbol tempo dalam lagu
-    Menjelaskan makna ansambel
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
-    Memahami simbol tempo dalam lagu
-    Memahami makna ansambel
-    Memahami hubungan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Memahami hubungan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu



·      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

-    Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
-    Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
-    Memahami musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
-    Memahami lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana



·      Mengapresiasi karya seni tari
-    Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
-    Memahami hubungan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Memahami sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Memahami sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat



·      Mengekspresikan diri melalui karya seni tari

-    Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan
-    Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
-    Memahami penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Memahami sajian  tarian pendek bertema dengan iringan
-    Memahami dan melaksanakan pementasan perpaduan seni tari dan musik



·      Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana
-    Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Memahami sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Membuat rancangan benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas



  Keterangan:
   UH   :   Ulangan Harian
   UTS :   Ulangan Tengah Semester
   LUS       :   Latihan Ulangan Semester


                                                                                             Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                  Guru Mata Pelajaran




               AMIN MANSUR, A. Ma
               NIP. 196806101992031005
              IMROATU SA’ADAH S. Pd.



PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

PER KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR


Satuan Pendidikan                         : MI  Darussalam Lembeyan Kulon                                          
Mata Pelajaran                                 : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester                               : III/2                                                     
Tahun Ajaran                                   : 2011/2012


Standar Kompetensi:  
·        Mengapresiasi karya seni rupa
·        Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
·        Mengapresiasi karya seni musik
·        Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
·        Mengapresiasi karya seni tari
·        Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
·        Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana

No.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kriteria  Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Nilai KKM (%)
1.















2.




















3.



























4.













Seni rupa
Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Memahami simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-     Memahami sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memahami gambar imajinatif mengenai alam sekitar
Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
-    Memahami hiasan/warna pada benda tiga dimensi
Seni musik
Menjelaskan simbol tempo dalam lagu
-    Memahami simbol tempo dalam lagu
Menjelaskan makna ansambel
-    Memahami makna ansambel
Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Memahami hubungan antara simbol nada dengan elemen musik
Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
-    Memahami hubungan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
-    Memahami musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
-    Memahami lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
Seni tari
Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Memahami hubungan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Memahami sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
-    Memahami sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Memahami penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan
-    Memahami sajian  tarian pendek bertema dengan iringan
Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
-    Memahami dan melaksanakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
Keterampilan
Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Memahami sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat rancangan benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas




Catatan:      Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya



                                                                                             Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran





               AMIN MANSUR, A. Ma
               NIP. 196806101992031005
              IMROATU SA’ADAH S. Pd.

















PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

PER STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR


Satuan Pendidikan                         : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran                                 : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester                               : III/2                                                     
Tahun Ajaran                                   : 2010 - 2011


No.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kriteria  Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Nilai KKM (%)
1.



2.



3.





4.




5.








6.




7.




Mengapresiasi karya seni rupa
-    Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
-    Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
Mengapresiasi karya seni musik
-    Menjelaskan simbol tempo dalam lagu
-    Menjelaskan makna ansambel
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
-    Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
-    Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
Mengapresiasi karya seni tari
-    Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
-    Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan
-    Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana
-    Menampilkan sikap apresiatif terhadap beda yang digerakkan oleh angin
-    Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas




Catatan:    Poin kriteria penetapan ketuntasan diisi guru masing-masing sesuai KKM yang akan dicapai di tingkat sekolahnya


                                                                                             Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran




               AMIN MANSUR, A. Ma
               NIP. 196806101992031005
              IMROATU SA’ADAH S. Pd.

.




















PROGRAM TAHUNAN



Satuan Pendidikan                           : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran                                   : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester                                 : III/2                                                     
Tahun Ajaran                                     : 2011/2012


Semester

No.

Materi Pokok/Kompetensi Dasar

Alokasi Waktu

Keterangan

1
1.







2.









3.







4.





Seni rupa
-    Menjelaskan  simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
-    Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri
-    Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat
Seni musik
-    Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
-    Memainkan alat musik ritmis sederhana
-    Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau  tanpa iringan sederhana
Seni tari
-    Menjelaskan simbol dalam seni tari
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan
-    Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  tanpa iringan
-    Menyajikan tarian pendek bertema  tanpa iringan
Keterampilan
-    Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
-    Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
12 JP







8 JP









8 JP







8 JP





Jumlah
36 JP

2
5.






6.










7.












8.



Seni rupa
-    Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
Seni musik
-    Menjelaskan simbol tempo dalam lagu
-    Menjelaskan makna ansambel
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
-    Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana

-    Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
Seni tari
-    Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
-    Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan
-    Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
Keterampilan
-    Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
8 JP






8 JP










8 JP












8 JP






Jumlah
32 JP





                                                                                             Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran





               AMIN MANSUR, A. Ma
               NIP. 196806101992031005
              IMROATU SA’ADAH S. Pd.















PROGRAM SEMESTER

Satuan Pendidikan                         : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran                                 : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester                               : III/2                                                     
Tahun Ajaran                                   : 2010 - 2011


    No.
Materi Pokok/
Kompetensi Dasar
Jml
Bulan
Ket
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1.
Seni rupa
8


x
x
x
x


























-  Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-  Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
























                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Persiapan Penerimaan rapor







2.
Seni musik
8






x
x
x
x





















-  Menjelaskan simbol tempo dalam lagu
-  Menjelaskan makna ansambel
-  Menghubung-kan antara simbol nada dengan elemen musik
-  Menghubung-kan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
-  Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
-  Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana































3.
Seni tari
8










x
x
x
x
















-  Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-  Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
-  Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-  Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan
-  Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik































4.
Keterampilan
8































Menampilkan sikap apresi-atif terhadap beda yang digerakkan oleh angin
-  Merancang benda yang dapat dige-rakkan oleh angin dari bahan selain kertas

































Jumlah
32
































Keterangan:                       
: Kegiatan tengah semester
: Ujian nasional
: Ujian sekolah
: Latihan ulangan semester 2
: Ulangan semester 2
: Libur semester 2

                                                                                             Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran





               AMIN MANSUR, A. Ma
               NIP. 196806101992031005
              IMROATU SA’ADAH S. Pd.











































RINCIAN MINGGU EFEKTIF



Satuan Pendidikan                           : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran                                   : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester                                 : III/2                                                     
Tahun Ajaran                                     : 2011/2012

                                                                    
I.      Jumlah minggu dalam semester 2
No.
Bulan
Jumlah Minggu
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
2
4
5
4
4
5
1

Jumlah Total
25


II.    Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 2
No.
Kegiatan
Jumlah Minggu
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Kegiatan tengah semester
Ujian nasional
Ujian sekolah
Latihan ulangan semester 2
Ulangan semester 2
Persiapan penerimaan rapor
Libur semester 2
1
1
1
1
1
1
3

Jumlah Total
9

III.           Jumlah minggu efektif dalam semester 2
Jumlah minggu dalam semester 2 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 2
= 25 minggu – 9 minggu
= 16 minggu efektif



                                                                                             Lembeyan,
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran




               AMIN MANSUR, A. Ma
               NIP. 196806101992031005
              IMROATU SA’ADAH S. Pd. I

.



S I L A B U S



Satuan Pendidikan                         : MI Darussalam Lembeyan Kulon
Mata Pelajaran                                 : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester                               : III/2                                                     
Tahun Ajaran                                   : 2011/2012


Standar Kompetensi:
·     Mengapresiasi karya seni rupa
·     Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

  KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
-    Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Seni rupa
-    Simbol karya seni tiga dimensi

-    Memahami simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
-    Memahami sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis
PG
-  Tes Tertulis Uraian
8 x 35’





Sumber:
-  Buku Paket
-  Buku referen-si lain
-  LKS Sekar


-    Mengekspresi-kan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi

-    Gambar imajinasi alam sekitar
-    Memahami gambar imajinatif mengenai alam sekitar
-    Memahami hiasan/warna pada benda tiga dimensi




Standar Kompetensi:
·       Mengapresiasi karya seni musik
·       Mengekspresikan diri melalui karya seni music


  KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
-    Menjelaskan simbol tempo dalam lagu
-    Menjelaskan makna ansambel
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
-    Seni musik
-    Simbol tempo dan dinamik
-    Pola irama
-    Memahami simbol tempo dalam lagu
-    Memahami makna ansambel
-    Memahami hubungan antara simbol nada dengan elemen musik
-    Memahami hubungan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis
PG
-  Tes Tertulis Uraian
8 x 35’





Sumber:
-  Buku Paket
-  Buku referen-si lain
-  LKS Sekar


-    Memainkan musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
-    Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana

-    Ansambel musik ritmis
-    Memahami musik dalam bentuk ansambel dalam alat musik ritmis sederhana
Memahami lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana




Standar Kompetensi:
·       Mengapresiasi karya seni tari
·       Mengekspresikan diri melalui karya seni tari

  KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
-    Menghubung-kan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Menunjukkan sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
-    Seni tari
-    Gerak simbolis
-    Unsur tari
-    Memahami hubungan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
-    Memahami sikap apresiatif, terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
-    Memahami sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis
PG
-  Tes Tertulis Uraian
8 x 35’








Sumber:
-  Buku Paket
-  Buku referen-si lain
-  LKS Sekar


-    Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Menyajikan tarian pendek bertema dengan iringan
-    Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik

-    Tari sederhana
-    Memahami penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
-    Memahami sajian  tarian pendek bertema dengan iringan
Memahami dan melaksanakan pementasan perpaduan seni tari dan musik




Standar Kompetensi:
·       Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana
  KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
-    Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Keterampilan
-    Burung camar
-    Parasut
-    Memahami sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
-    Membuat rancangan benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
-    Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
Jenis:
-  Kuis
-  Tugas Individu
-  Tugas Kelompok
-  Ulangan
Bentuk Instrumen:
-  Tes Tertulis
PG
-  Tes Tertulis Uraian
8 x 35’








Sumber:
-  Buku Paket
-  Buku referen-si lain
-  LKS Sekar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar